Sunday, January 11, 2009

Menyikapi Permasalahan dalam Hidup

oleh : Doni Riyadi Saksono


Rasanya banyak orang-orang yang rasanya sulit untuk menerima suatu masalah yang di berikan Tuhan kepada kita sehingga banyak orang-orang yang melarikan diri dari masalah tersebut. Padahal Tuhan memberikan suatu masalah atau persoalan kepada hambanya yang pasti hambanya bisa menyelesaikannya, dan tidak mungkin Tuhan memberikan masalah yang hambanya tidak bisa menghadapainya.

Satu kalimat yang sangat mendasar dalam prinsip hidup manusia adalah kita terlahir untuk hidup. Secara kita sadari maupun tidak, di dalam hidup ini kita tidak akan terlepas dari satu hal yang disebut masalah. Dan masalah itulah yang akan mengukur diri kita seberapa dewasa-kah kita dalam menghadapi dan menyikapi permasalahan-permasalahan tersebut. Dengan kita bisa menghadapi permasalahan yang diberikan, kita akan semakin matang dalam berfikir untuk melangkahi hidup selanjutnya.

Tetapi saat ini, banyak juga orang-orang yang sepertinya sangat sulit untuk menerima cobaan dan masalah dalam kehidupan. Mereka berfikir bahwa mengapa hanya orang-orang seperti mereka yang diberikan masalah hidup seperti ini. Padahal tanpa mereka sadari, masalah mereka adalah sama tingkatannya dengan masalah yang dialami oleh orang lain juga. Tapi karena pikiran awal mereka sudah salah jadi dalam menghadapi masalah tersebut mereka akan merasakan beban yang cukup berat.

Tetapi ada juga sebagian orang yang santai bahkan menganggap suatu masalah adalah suatu hal yang biasa dan memang mau tak mau harus dijalankan. Sehingga pada saat mereka mendapat masalah yang mereka fikirkan pertama kali adalah masalah tersebut diberikan Tuhan kepadanya sebagai bahan ujian maupun cobaan untuk menuji seberapa dewasa diri kita. Dengan pikiran seperti itu otomatis dalam menghadapi masalah tersebut kita bisa menjadi lebih ringan bahkan mendapatkan manfaat seperti bahan introkspesi diri.

Lalu bagaimanakah cara kita dalam menyikapi permasalahan hidup tersebut?

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikannya tapi pada dasarnya adalah kesadaran diri dan iman kita kepada Tuhan Yang Maha Esa haruslah kuat. Dengan iman kita yang kuat dan kesadaran diri yang matang, pikiran positif terhadap suatu masalah akan muncul. Dan itu akan membimbing kita menuju penyelesaian masalah yang bertahap dan benar.

Dengan begitu seberat apapun masalah yang kita hadapi akan terselesaikan dan manfaat pun bisa kita dapatkan. Dan dengan begitu juga diri kita bisa menjadi dewasa dan lebih matang dalam befikir. Dan pada akhirnya dalam menjalani hidup diri kita siap melangkah ke langkah hidup selanjutnya.

Dan satu hal yang perlu menjadi dasar dari pikiran kita jika ingin sukses dalam menghadapi masalah adalah yang memberatkan masalah bukanlah orang lain ataupun hal lain tetapi yang memberatkan itu adalah diri kita sendiri. Dan itulah tantangan tersendiri dalam menghadapi permasalahan hidup tersebut.

Lalu setelah kita menyelesaikan satu masalah janganlah berpikir bahwa tidak akan ada masalah lagi. Justru setelah satu masalah selesai akan datang lagi masalah yang baru sehingga ujian yang kita lalui pun akan tahap demi tahap. Dari situlah pendewasaan diri akan tumbuh secara berangsur-angsur.


---------------------------------------------------------------------

 Addressing the Problems in Life

It was a lot of people that it was hard to accept a problem that is given by God to us, so many people who run away from the problem. And God gave a problem or issue to the servants who certainly could finish his servant, and not perhaps God gave his servants the problems can not be menghadapainya.

One sentence in a very fundamental principle of human life is that we are born to live. As we realize it or not, in this life we will not be apart from one thing called a problem. And that's a problem that will measure ourselves on how adults Are we in facing and addressing these problems. With that we can deal with the problem are given, we will be more mature in thinking to skip the next life.

But today, many people who seem very difficult to accept the trials and problems in life. They think that is why only people like them who are given a problem to live like this. Yet without them knowing it, their problems are the same level with the problems experienced by others as well. But since their initial thought was wrong so in the face of these problems they would feel a heavy burden.

But there are also some people who were relaxed even consider a problem is a common and indeed inevitably must be executed. So by the time they got in trouble the first time they Think is the problem given by God as a test material and the temptation to menuji how mature we are. With thoughts like that automatically in the face of these problems we can become even lighter material benefits such as self introkspesi.

So how do we live in addressing these problems?

Actually a lot of ways you can do to solve it but is basically self-awareness and our faith in God Almighty to be strong. With our strong faith and a mature self-awareness, positive thinking to a problem will arise. And it will guide us toward a gradual settlement of the problem and correct.

With so heavy as any problems that we face will be resolved and we can get any benefits. And with so well ourselves can become mature and more mature in befikir. And in the end of their life we are ready to step into the next life step.

And one thing that needs to be the basis of our mind if you want to succeed in facing the problem is aggravating the problem not the others or anything else but that it is incriminating ourselves. And that's the challenge in dealing with problems of life.

Then after we solve one problem do not think that there would be no problem anymore. Precisely after one complete problem will come again a new problem that we've been through any exam will be stage by stage. From there the maturation of self will grow gradually.


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ 

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More