Monday, February 9, 2009

Keterbatasan Waktu

Oleh : Doni Riyadi Saksono


Waktu adalah sebuah hal yang pasti akan mengikat semua makhluk di dunia ini. Bukan hanya ketika kita hadir di dunia ini, tetapi dari dalam kandungan seorang ibupun kita sudah terikat oleh waktu. Dimana di dalam rahim ibu kita diberikan waktu untuk berkembang menjadi seorang bayi yang nantinya akan lahir ke dunia ini. Dan bukan hanya kita yang dikandung oleh ibu, tetapi sang ibupun terikat oleh waktu dimana dia harus sabar mengandung bayinya dan sabar menunggu kelahiran anaknya tersebut.

Satu hal yang harus kita perhatikan adalah KITA TIDAK AKAN PERNAH TAHU KAPAN DIMULAINYA WAKTU DAN KAPAN WAKTU ITU BERAKHIR. Dan itu hanya Tuhan Yang Maha Esa yang tahu kapan proses itu terjadi.

Seorang manusia juga tidak akan pernah tahu kapan dia akan meninggal dunia. Dan karena alasan itulah kita seharusnya bisa menambah amal perbuatan baik kita. Untuk bekal kita nanti apabila Tuhan sudah memanggil kita untuk kembali pada-Nya. Dan dengan sebuah keterbatasan waktu kita bisa menjadikan diri kita seorang yang disiplin dalam kehidupan sehari-hari.

Tiap kali kita melakukan sebuah pekerjaan yang kita senangi, akan tidak terasa waktu akan cepat habis. Namun jika kita melakukan sebuah pekerjaan yang terpaksa, waktu akan terasa begitu lama. Pekerjaan apapun yang kita lakukan baik itu kita senangi maupun tidak kita senangi kita harus bisa menghargai waktu.

Karena WAKTU MEMANG TERBATAS TAPI JANGAN MERASA DIBATASINYA. Artinya waktu yang Tuhan berikan kepada kita sangatlah terbatas dan bersifat sementara tetapi dengan keterbatasan waktu itu kita harus bisa memanfaatkan waktu itu dengan sebaik-baiknya. Misalkan, seorang Presiden yang hanya memiliki masa jabatan 5 tahun dalam satu periode harus bisa memanfaatkan jangka waktu itu untuk membangun negara yang dipimpinnya. Lalu seorang pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang hanya memiliki masa belajar 3 tahun, harus bisa memanfaatkan jangka waktu 3 tahun itu untuk belajar dengan sungguh-sungguh sehingga hasil dari ujian akhir yang didapatkan akan membuahkan hasil yang baik dan bermanfaat.

Waktu memang akan terus mengikat kita dimanapun, bagaimanapun, dan kapanpun kita berada. Waktu adalah kesempatan yang pasti ada di setiap langkah hidup kita. Apabila kita tidak menggunakan waktu dengan baik maka mungkin kesempatan-kesempatan yang kita harapkan akan habis dan hilang.


---------------------------------------------------------------




Time Limitations

Time is a thing that would bind all creatures in this world. Not only when we present in this world, but from within the womb of a ibupun we're bound by time. Where in the womb of our mothers are given time to develop into a baby who will be born into this world. And not just us who was conceived by the mother, but the ibupun bound by time when he must patiently wait to contain the baby and the birth of her child.

One thing we have noticed is
WE NEVER KNOW WHEN THE TIME START AND WHEN THE TIME ENDED. And that only God Almighty knows when that process occurs.

A man also will never know when he will die. And for that reason we should be able to increase our good deeds. For our lunch later when God has called us to come back to Him. And with a limited time we can make ourselves a discipline in everyday life.

Each time we do a job that we enjoy, will not feel the time will quickly run out. But if we do a job that was forced, time will seem so long. Whatever work we do whether we like or not we like we should be able to appreciate the time.

Because TIME IS LIMITED, BUT DO NOT FEEL RESTRICTED. That is time that God gives to us is very limited and temporary, but with the limited time that we should be able to take advantage of that time as well as possible. For example, a president who only has a 5-year terms in one period should be able to utilize that time to build the country they lead. Then a junior high school student (junior) who only has a 3-year study period, should capitalize on a period of 3 years to study in earnest so that the results obtained from the final exam will result in a nice and helpful.

Time indeed will continue to bind us anywhere, however, and whenever we are. Time is an opportunity that must exist at every step of our lives. If we do not use the time well then maybe the opportunities that we hope will run out and disappear.



By Doni Riyadi Saksono 
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More