Sunday, December 26, 2010

Layanan Operator Selular saat Hari Raya


Lebaran merupakan hari raya umat Islam yang identik dengan adanya mudik. Berpergian ke kampung halaman atau kembali ke kampung halaman yang berjarak jauh merupakan rutinitas yang akrab dijalani oleh kebanyakan orang Islam yang mampu. Banyak variasi kendaraan yang digunakan saat mudik lebaran. Mulai dari pesawat, bus, mobil pribadi, hingga kendaraan seperti bajaj dan sepeda ikut meramaikan jalanan-jalanan atau jalur-jalur mudik yang biasa dilewati. Itu semua dilakukan tidak lain hanya untuk kembali ke kampung halaman masing-masing dan bertemu dengan keluarga sehingga mereka bisa kembali bersilatuhrahmi meminta maaf kepada sanak saudara dan orang-orang terdekat lainnya.

Komunikasi sangatlah penting adanya saat hari raya seperti ini, khususnya hari raya lebaran ini. Komunikasi antar individu yang bertujuan untuk memberi kabar tentang posisi atau keberadaan merupakan salah satu hal penting juga. Penggunaan telepon selular saat dalam perjalanan tidak lepas dari perjalanan mudik. Telepon selular menjadi senjata utama penghubung komunikasi antar individu tersebut. Bahkan bisa jadi telepon selular menjadi daftar utama barang-barang penting yang harus dibawa saat mudik lebaran.

Operator telepon selular atau operator selular selayaknya ikut serta dalam memberikan kontribusi bantuan kepada para pemudik. Karena itu setiap operator selular saling berlomba-lomba memberikan layanan yang terbaik bagi para pemudik, khususnya mereka yang sangat memerlukan telepon selular. Layanan yang diberikan pastinya berhubungan dan sangat berpengaruh terhadap perjalanan para pemudik saat lebaran tersebut. Mulai dari memberikan layanan harga murah untuk menelpon dan ber-sms-ria hingga membangun posko-posko pelayanan ‘rest area’ di beberapa tempat yang memang berpotensi untuk dijadikan tempat istirahat.

Tentunya saat diperjalanan, ketika sedang ingin berhubungan dengan keluarga maupun orang lain, para pemudik ingin menggunakan operator selular yang memberikan harga murah dalam berkomunikasi khusunya telepon dan short message service (sms). Dan juga bagi para pemudik, penggunaan layanan tersebut diinginkan sangatlah praktis penggunaannya. Dalam artian tidak merepotkan penggunanya. Misalkan pemilihan paket layanan telepon dan sms murah. Para pengguna tentunya menginginkan cara yang mudah dan praktis penggunaannya. Tidak harus berganti-ganti kartu sim handphone.

Selain harga yang murah dalam berkomunikasi, sinyal merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam berkomunikasi. Sinyal  bisa diibaratkan sebagai jalur transportasi dalam berkomunikasi tersebut. Jika sinyal yang disediakan oleh operator selular tidaklah memberikan ruang yang nyaman saat berkomunikasi, dengan kata lain sinyal yang disediakan putus-putus atau bahkan hilang, maka tentu saja para pengguna jasa operator selular tersebut tidak akan merasa kenyaman karena sulitnya berkomunikasi. Maka dari itu sinyal operator selular yang ada juga harus sangat diperhatikan karena itu merupakan salah satu jembatan komunikasi saat mudik lebaran.

Salah satu operator selular yang sangat berkontribusi dalam menghubungkan komunikasi antar individu saat lebaran adalah XL. Konstribusi pelayanan yang diberikan oleh XL sangat baik adanya. Karena menjadi salah satu operator selular terbesar yang ada di Indonesia, maka dari itu XL  sadar untuk memberikan kontribusi kepada para penggunanya khususnya saat mudik lebaran. Layanan yang diberikan mulai dari tarif yang cukup murah hingga perbaikan layanan sinyal terus diberikan kepada para pemudik. Saat lebaran tahun 2010, dikutip dari keterangan resminya, Direktur Utama XL Hasnul Suhaimi berkata,Demi memenuhi kebutuhan pelanggan selama Ramadhan dan Lebaran nanti XL telah bersiap diri dari jauh-jauh hari, termasuk menyediakan jaringan yang berkualitas dan berkapasitas besar di seluruh area, juga berbagai program promo yang lengkap untuk semua layanan”. Ini sebagai bukti awal kontribusi pelayanan XL yang sangat baik saat pelaksanaan hari raya.

Untuk tarif yang diberikan, untuk XL Prabayar, XL menghadirkan promo yang bernama Promo Paket Ramadhan. Promo ini terdiri atas paket-paket. Cara memperoleh paket tersebut adalah dengan memilih Paket Gila. Paket Gila tersebut ada di layanan tekan *123# . Sementara itu bagi bagi pelanggan XL Pasca Bayar, tersedia promo istimewa berupa paket XL Pasca Bayar Unlimited untuk nelpon dan SMS ke sesama XL antara pukul 18.00-06.00 pagi dengan tarif istimewa Rp75.000/bulan.  

Uji sinyal juga dilakukan oleh XL untuk menjaga kestabilan, kenyamanan, serta kepuasan dalam berkomunikasi. Apabila sinyal yang disediakan tidak memadai atau bisa dikatakan sering putus-putus bahkan hilang maka tentunya para penggunanya tidak nyaman dalam berkomunikasi. Menjaga kualitas sinyal sangat diperhatikan oleh XL. PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) berkomitmen untuk menghadirkan layanan telekomunikasi selular berkualitas dengan dukungan jaringan yang handal. Pengujian sinyal ini dilakukan mulai tanggal 6-8 Agustus 2009 di daerah Lampung sampai daerah Madura dengan dimulai melewati Pantai Utara Jawa (Pantura), juga di Sumatera (Batam), Kalimantan (Balikpapan), Sulawesi (Ujung Pandang), Bali (Gilimanuk – Denpasar – Padangbai) dan Lombok (Lembar – Mataram). Pada pengujian ketersediaan sinyal kali ini, XL melakukannya secara mobile. Yang dimaksdu secara mobile yaitu dengan menggunakan kendaraan yang bergerak. Dengan menggunakan peralatan khusus pengukuran dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kualitas sinyal di sepanjang daerah yang dilalui. Pengukuran kualitas dilakukan pada layanan 2G dan 3G, mulai dari voice call, video call, SMS (Short Message Service),  dan data (internet dan BlackBerry).

Itulah beberapa layanan-layanan yang diberikan XL kepada para pelanggannya khususnya para pemudik saat lebaran. Tidak lain tidak bukan itu semua dilakukan dengan tujuan memberikan kontribusi dan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat dan Indonesia. Dan diharapkan masyarakat pun akan merasakan kenyamanan dan kepuasan dalam berkomunikasi. Dan masyarakat pun merasa sangat terbantu dalam melakukan hubungan komunikasi dengan segala upaya-upaya yang dilakukan XL dalam memberikan pelayanan komunikasi terbaik.



0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More