Friday, June 27, 2008

Arti Sebuah Hidup

Oleh : Doni Riyadi Saksono

Tak dapat dipungkiri lagi semua orang yang hidup di dunia ini pasti akan mengalami hal-hal yang sudah menjadi takdir hidupnya. Dan semua orang juga harus menemukan arti sebuah hidup bagi dirinya sendiri karena itu akan menentukan dengan apa dan bagaimana dia menjalankan takdirnya. Sejak lahir dan membuka mata pada dunia, manusia harus memulai hidup dari awal. Setiap orang pun harus mengetahui dasar-dasar suatu kehidupan. Dengan itu manusia akan tahu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk melalui perjalanan kehidupan.


Ada tiga proses kehidupan manusia, yaitu lahir, hidup, dan mati. Dari ketiga proses tersebut, proses hiduplah yang menjadi proses inti dalam sebuah kehidupan. Di dalam proses hidup tersebut manusia dituntut untuk mencari arti sebuah kehidupan untuk dirinya sendiri karena itu akan menentukan jati dirinya sendiri. Dan dengan jati diri itu akan berguna dalam menjalani hidup di dunia. Dan pada akhirnya amal perbuatanlah yang akan menentukan tempat abadi kita berikutnya.

Tapi memang terkadang banyak orang yang berbeda mengartikan sebuah kehidupan. Mereka bisa mengartikan sebuah hidup sebagai sebuah ajang untuk berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Tapi ada juga yang mengartikan sebuah hidup itu sebagai perjalanan untuk menjadi manusia yang lebih baik. Apa saja anggapan sebagian maupun semua orang tentang arti kehidupan, kita tidak melarang anggapan tersebut. Karena setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Dan tergantung bagaimana kita menjalankannya.

Dan satu hal yang tidak boleh kita lupakan, yaitu siapakah yang memberikan kehidupan kepada kita. Dialah Tuhan Yang Maha Esa. Dialah yang memberikan manusia sebuah kehidupan. Dia yang menentukan takdir hidup kita. Dia juga yang mengendalikan hidup. Serta Dia juga yang mengarahkan langkah kehidupan kita. Kita yang menjalankan kehidupan tapi Tuhan-lah yang mengarahkan dan mengendalikannya. Karena Tuhan selalu memberikan yang terbaik untuk kita.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Meaning of a life
(by Doni Riyadi Saksono)

Nothing could be more obvious all the people who live in this world will experience things that have become his destiny. And everyone also had to find the meaning of a life for himself because it will determine what and how he runs his destiny. From birth and opened his eyes to the world, people have to start life from scratch. Everyone must know the basics of a life. With that man will know what steps should be taken to the journey of life.

There are three processes of human life, namely birth, life, and death. Of the three processes, there lived process that became the core processes within a life. In the process of human life are required to seek the meaning of a life for himself because it would determine her own identity. And with who it will be useful in life in the world. And in the end perbuatanlah charity that will determine our eternal place next.

But it's sometimes a lot of different people interpret a life. They could mean a life as an arena for competing to be the best. But there also interpret it as a life journey to become better human beings. What are the assumptions of part or all people about the meaning of life, we do not prohibit presumption. Since everyone has a way of life of each. And depending on how we run it.

And one thing we must not forget, that is who gave life to us. He is God Almighty. It was he who gave man a life. He who determines our destiny. He is also the controlling life. And he also directs the steps of our lives. We who live a normal life but God is the directing and controlling it. Because God always give the best for us.



*****************************************************

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More